Sistem Sanitasi

Program Sanitasi pada Tempat Penetasan Ayam

Banyak cara untuk menjadi peternak ayam boiler yang sukses. Salah satunya adalah dengan memerhatikan manajemen kesehatan ayam tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan menjalani program sanitasi pada tempat penetasan (hatchery).

Tempat penetasan (hatchery) harus terbebas dari segala penyakit menular (free diseases) karena tempat ini merupakan awal dari kegiatan usaha peternakan ayam. Bibit yang dihasilkan dari hatchery harus terbebas dari penyakit (pathogen free kick).

Jika Anda ingin melakukan program sanitasi di hatchery, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya;

  1. Kendaraan dan peralatan yang sering digunakan untuk membawa telur tetas ke hatchery harus bersih dan bebas penyakit. Sebelum masuk ke hatchery, kendaraan dan peralatan harus didisinfeksi.
  2. Membatasi lalu lalang orang ke atau dari hatchery. Selain petugas hatchery dilarang masuk. Setiap orang yang masuk ke hatchery harus mandi dan berganti pakaian.
  3. Telur tetas yang akan ditetaskan harus bebas dari organisme pembawa penyakit (pathogen free egg).
  4. Hatchery harus selalu bersih serta program sanitasi dijalankan dengan baik dan konsisten.
  5. Hatchery harus terhindar dari sumber kontaminasi.
  6. Telur tetas yang diterima harus didisinfeksi dahulu sebelum disimpan. Caranya, bisa dilakukan dengan mencelupkan (dipping) telur ke dalam disinfektan, menyemprotkan disinfektan, atau melakukan fumigasi menggunakan formaldehid.
0 Responses