Seleksi ayam kampung

Seleksi ialah memilih kelompok individu dalam suatu populasi yang mempunyai mutu genetik tinggi utuk dijadikan tetua (bibit) pada generasi berikutnya dan mengeluarkan kelompok individu yang mutu genetik rendah dari populasi tersebut.

Perkembangan ayam buras (bukan ras) atau lebih dikenal dengan sebutan ayam kampung di Indonesia berkembang pesat dan telah banyak dipelihara oleh peternak-peternak maupun masyarakat umum sebagai usaha untuk pemanfaatan pekarangan, pemenuhan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan.

Dikarenakan dengan pemeliharaan sistem tradisional, produksi telur ayam buras sangat rendah, ± 60 butir/tahun/ekor. Berat badan pejantan tak lebih dari 1,9 kg dan betina ± 1,2 ~ 1,5 kg, maka perlu diintensifkan. Pemeliharaan yang intensif pada ayam buras, dapat meningkatkan produksi telur dan daging, dapat
mencegah wabah penyakit dan memudahkan tata laksana.

Sistem pemeliharaan ayam buras meliputi : bibit, pemeliharaan, perkandangan, pakan dan pencegahan penyakit.

Ciri-ciri bibit yang baik :

  1. Ayam jantan
    • Badan kuat dan panjang.
    • Tulang supit rapat.
    • Sayap kuat dan bulu-bulunya teratur rapih.
    • Paruh bersih.
    • Mata jernih.
    • Kaki dan kuku bersih, sisik-sisik teratur.
    • Terdapat taji.
  2. Ayam betina (petelur) yang baik
    • Kepala halus.
    • Matanya terang/jernih.
    • Mukanya sedang (tidak terlalu lebar).
    • Paruh pendek dan kuat.
    • Jengger dan pial halus.
    • Badannya cukup besar dan perutnya luas.
    • Jarak antara tulang dada dan tulang belakang ± 4 jari.
    • Jarak antara tulang pubis ± 3 jari.

PEMELIHARAAN

Ada 3 (tiga) sistem pemeliharaan :

  1. Ekstensif (pemeliharaan secara tradisional = ayam dilepas dan mencari pakan sendiri).
  2. Semi intensif (ayam kadang-kadang diberi pakan tambahan).
  3. Intensif (ayam dikandangkan dan diberi pakan).

Apabila dibedakan dari umurnya, ada beberapa macam pemeliharaan, yaitu :

  1. Pemeliharaan anak ayam (starter) : 0 - 6 minggu, dimana anak ayam sepenuhnya diserahkan kepada induk atau induk buatan.
  2. Pemeliharaan ayam dara (grower) : 6 - 20 minggu.
  3. Pemeliharaan masa bertelur (layer) : 21 minggu sampai afkir (.... 2 tahun).

Untuk memperoleh telur tetas yang baik, diperlukan 1 (satu) ekor pejantan melayani 9 (sembilan) ekor betina, sedangkan untuk menghasilkan telur konsumsi, pejantan tidak diperlukan.

Jika Anda ingin memulai usaha peternakan ayam kampung petelur, sebaiknya pertimbangkan terlebih dulu dari mana Anda akan memulainya. Salah satunya adalah dengan memelihara ayam yang siap bertelur atau yang lebih dikenal dengan sebutan ayam pullet.

Kalau anda memilih untuk memulai usaha dari ayam pullet, sebaiknya pilihlah ayam pullet yang baik. Tidak tahu cara memilihnya? Mudah saja. Ikuti petunjuknya di bawah ini:

· Pilih ayam yang berasal dari keturunan yang sehat dan tidak cacat. Selama hidupnya, ayam tersebut belum pernah sakit dan bulu-bulunya tidak rontok, baik sebagian maupun seluruhnya.

· Pilih ayam yang pertumbuhan badannya prima dan berasal dari induk yang produktivitas atau tingkat bertelurnya tinggi.

· Usahakan ukuran badan tiap ayam seragam. Berat badannya lebih kurang 1,5 kg, duburnya besar dan basah, serta perbedaan umurnya tidak terlalu jauh. Dubur yang kering menandakan bahwa ayam masih dalam periode dara atau sudah tua, sehingga produktivitasnya rendah.

· Umur ayam yang baik untuk memulai usaha adalah 6 – 12 bulan.

Beternak ayam kampung dari pullet merupakan jalan pintas yang paling efektif. Jika pemeliharaan ayam periode dara membutuhkan waktu 3 – 4 bulan untuk menghasilkan telur, ayam pullet sudah mampu menghasilkan telur paling lama satu bulan. Selama dua minggu pemeliharaan, biasanya ayam kampung petelur beradaptasi dengan kondisi lingkungan barunya.

Konsekuensi beternak dengan cara ini adalah harga induk ayam siap bertelur jauh lebih mahal dibandingkan dengan ayam dara atau DOC (day old chick). Peternak harus lebih berhati-hati dalam memilih ayam pullet, karena bisa jadi ayam yang dibeli sudah melewati masa puncak produksinya. Karena itu, peternak harus jeli dalam memilih ayam kampung saat membeli bibit yang dimaksud.

0 Responses